Saturday, September 10, 2016

Pengertian Prota dan Promes

Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, berisi tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai , karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni
program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian komponen-komponen program tahunan meliputi identifikasi (satuan pendidikan, mata pelajaran, tahun pelajaran) standart kompetensi, kompetensi dasar, alokasi waktu dan keterangan.

Program semester adalah program yang berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Program semester merupakan penjabaran dari program tahunan. Isi dari program semester adalah tentang bulan, pokok bahasan yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan, dan keterangan-keterangan.

Menjadi guru yang mampu berperan sebagai produsen bukan merupakan hal yang mudah lantaran seluruh cipta, rasa, dan karsa perlu bersimbiosis mutualisme, membentuk sebuah ”rantai pembelajaran” yang kokoh. Tugas-tugas merencanakan administrasi pembelajaran, di antaranya menyusun program tahunan dan program semester perlu dilakukan dalam rangka mendesain bingkai pembelajaran efektif.

contoh prota
                                                                               PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan : SD Negeri ..................
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia.
Kelas                        : IV
Tahun Pelajaran     : 2015 / 2016
Smt
Standar Kopetensi/Kompetensi Dasar
Alokasi waktu
Semester Ganjil
Mendengarkan
Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps 
1.1  Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar
1.2  Menjelaskan kembali secara lisan atau tulis penjelasan tentang simbol daerah/lambang korps
Ulangan Harian
Berbicara
Mendeskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk penggunaan suatu alat
2.1  Mendeskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut
2.2  Menjelaskan petunjuk penggunaan  suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar
Ulangan Harian
Membaca
Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi
3.1  Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas
3.2  Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca
3.3  Menemukan makna dan informasi  secara  tepat dalam kamus/ensiklopedi   melalui membaca  memindai
Ulangan Harian
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan,  petunjuk, cerita, dan surat
4.1  Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua, dan tanda petik)
4.2  Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu
4.3  Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan menggunakan kata/kalimat yang tepat  sehingga menjadi cerita yang padu
4.4     Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar  dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll.)
Ulangan Harian

7
7

2

7
7
2



8
7
8
2




7

7
7

8



2

J U M L A H
88

Mengetahui
Kepala Sekolah

...........................
NIP................................
........................ ,    Juli 2015
Guru Kelas IV

.................................
NIP.......................................

No comments:

Post a Comment